Perubahan Iklim Akibat Pemanasan Global

Sementara efek drastis pemanasan global telah dibahas di banyak kalangan ilmiah, telah berjalan di TV dan bahkan memiliki eksposur besar melalui film-film Hollywood yang bermaksud baik (tapi sayangnya tidak akurat), itu adalah kekhawatiran yang memiliki politik yang luas, ekonomi, sosial dan signifikansi geografis ke negara-negara di seluruh dunia. Secara harfiah, bagi kita semua, tidak ada tempat untuk bersembunyi, tidak ada tempat untuk lari dan kita tidak bisa menghentikan perubahan iklim. Itu terlalu besar bagi kita.

Bagaimana mengenali pemanasan global

Apakah atau tidak itu membuat sesuatu yang baik atau sesuatu yang buruk, Alam selalu mencoba untuk memperingatkan kita melalui banyak tanda. Proses yang lambat yang terlibat dalam pemanasan global menghasilkan banyak hal yang berbeda dan beberapa dari tanda-tandanya meliputi:

Mencairnya gletser

Sebagian besar gletser gunung di planet kita yang telah dimonitor selama 150 tahun terakhir dilaporkan menyusut. Gletser yang paling terpengaruh oleh pemanasan global yang terletak di garis lintang bawah dan banyak dari mereka menghilang. Jika gletser terus menyusut, itu bisa mempengaruhi pasokan air di daerah yang sangat bergantung pada daerah aliran sungai pegunungan.

Jika skenario pemanasan global terus berlanjut, sebagian besar gletser yang masih berdiri saat ini akan hilang pada tahun 2100.

Pemanasan lautan

Peningkatan permukaan laut dikaitkan dengan suhu yang lebih hangat, yang pada gilirannya menghasilkan pencairan gletser es. Selama 100 tahun terakhir, permukaan laut meningkat dari 10 cm menjadi 25 cm. Proyeksi selama seratus tahun ke depan menunjukkan bahwa permukaan laut akan naik lebih tinggi, dari sekitar 15 cm menjadi 90 cm. Berdasarkan angka yang lebih tinggi, itu sekitar 3 kaki.

Diterjemahkan, ini bisa berarti bahwa pantai kehilangan sekitar 50 kaki daerah untuk setiap kaki peningkatan permukaan laut. Beberapa pulau bahkan mungkin menghilang di bawah air laut sepenuhnya.

Gelombang panas

Gelombang panas dan periode cuaca yang luar biasa hangat juga merupakan tanda pemanasan global. Ini mungkin terjadi dengan berbagai tingkat keparahan dan frekuensi mereka, menyebabkan kekhawatiran dalam ekonomi dan kesehatan dalam skala global.

Bagaimana pemanasan global membawa perubahan iklim dan apa artinya bagi kita

Iklim bumi selalu berubah, meskipun tidak pada tingkat yang tiba-tiba. Ada periode pemanasan dan pendinginan dalam sejarah 4,65 miliar tahun bumi. Aneh kedengarannya bagi sebagian orang, ini adalah alasan mengapa kehidupan menjadi mungkin di planet ini jutaan tahun yang lalu. Sayangnya, tidak semua perubahan dalam iklim yang ditimbulkan oleh pemanasan global dapat bermanfaat bagi banyak dari kita.

Untuk satu, pemanasan global akan menaikkan suhu di beberapa wilayah di belahan bumi utara, menyebabkan mencairnya gletser gunung. Ini berarti bahwa area yang saat ini mengalami salju ringan mungkin tidak lagi mengalami hujan salju lagi. Garis salju yang ditemukan di pegunungan di daerah beriklim sedang juga mungkin lebih tinggi dan paket salju akan mencair lebih awal dari sebelumnya.

Musim semi mungkin dialami lebih awal dan suhu selama malam hari dan di musim dingin akan naik. Dunia akan mengalami atmosfer yang lebih lembab karena air laut akan memiliki tingkat penguapan yang lebih tinggi. Dengan kelembaban yang lebih besar, curah hujan diharapkan meningkat rata-rata.

Badai juga akan terjadi dengan lebih banyak frekuensi dan intensitas. Ironisnya, air di tanah akan menguap lebih cepat, menyebabkan kekeringan di antara hujan. Daerah yang sudah dianggap kering akan mengalami lebih banyak kekeringan. Beberapa daerah semi-kering di benua Afrika, misalnya, mungkin lebih menderita sementara daerah yang bergantung pada paket salju gunung di kawasan mereka untuk irigasi tidak akan mendapat manfaat dari pencairan sebelumnya antara musim tanam.

Dengan cuaca yang lebih hangat, beberapa angin topan akan lebih parah dan angin diperkirakan akan bertiup lebih kuat. Juga dimungkinkan bahwa pola angin dapat bergeser. Periode yang sangat dingin mungkin juga dialami.

Fenomena yang dikenal sebagai El Nino dapat terjadi dalam frekuensi dan tingkat keparahan. Ini diharapkan mempengaruhi berbagai wilayah di banyak negara. Semua dalam semua, para ilmuwan akan memiliki beberapa kesulitan dalam memprediksi pola cuaca.

Dengan perubahan dalam iklim yang ditimbulkan oleh pemanasan global, masalah kesehatan dan risiko juga dapat meningkat. Stres panas dan penyakit dapat menjadi umum di tempat-tempat yang tidak memiliki masalah dengan mereka sebelumnya.

Pemanasan global adalah masalah yang membutuhkan tindakan segera. Bahkan tanaman dan spesies hewan terpengaruh olehnya. Sementara banyak perubahan yang terjadi di planet kita benar-benar di luar jangkauan kita, kita telah menjadi kontributor langsung untuk peristiwa yang memiliki efek negatif pada lingkungan kita. Inilah sebabnya mengapa banyak organisasi sosial dan ilmiah terkemuka telah mendesak negara-negara untuk bekerja sama dalam gerakan untuk mengatasi masalah di seluruh dunia ini sebelum terlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *