Bingung Tentang Perbedaan Antara CRM dan CMS?

Dalam lingkungan bisnis saat ini, sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) digunakan oleh jutaan bisnis untuk mengotomatisasi aktivitas penjualan dan pemasaran rutin seputar akuisisi pelanggan dan fungsi retensi pelanggan seperti layanan pelanggan yang mendorong pendapatan ke dalam organisasi, atau mencegah pelanggan saat ini mencari pemasok. Sebagian besar solusi di pasar saat ini biasanya membahas:

  • Otomatisasi Penjualan
  • Manajemen Timbal Dan Pipeline
  • Database Pelanggan Kustom
  • Manajemen kampanye
  • Dokumen dan Pemeliharaan Kontrak
  • Penawaran Produk & Layanan Online
  • Portal Pelanggan Layanan Mandiri
  • Akses Aplikasi Seluler
  • Dukungan Media Sosial

Banyak perusahaan yang telah menerapkan platform CRM melaporkan penghematan biaya yang besar dan pengurangan overhead dengan mendorong penggunaan CRM di seluruh organisasi mereka, tetapi pusat pengembalian terbesar di sekitar menciptakan transaksi yang efisien dengan pelanggan perusahaan.

Di sisi lain, kebanyakan orang cenderung berpikir tentang sistem manajemen konten (CMS) sebagai antarmuka yang mudah digunakan untuk membuat perubahan reguler ke situs web perusahaan. Sementara itu benar mereka semua dapat digunakan dalam kapasitas itu, perusahaan yang paling efektif yang merangkul teknologi CMS juga memperlakukan aplikasi yang mereka pilih sebagai gudang perusahaan dari semua aset informasi perusahaan dan penggunaannya adalah untuk mengatur dan berbagi informasi tersebut di seluruh basis karyawan yang luas serta pelanggan melalui saluran komunikasi yang dikelola dengan baik dan terpusat. Informasi yang dikelola oleh aplikasi CMS biasanya tidak hanya berisi salinan teks situs web perusahaan dan gambar terkait, tetapi juga katalog produk dan layanan yang terperinci, spesifikasi produk, opsi, diagram teknik, kebijakan layanan pelanggan, program pelatihan, standar merek, prosedur pembelian, Sumber Daya Manusia kebijakan, Manual Operasi, dan hampir semua departemen lain untuk mendapatkan manfaat dari publikasi yang efisien, tinjauan, dan modifikasi aset informasi mereka dari waktu ke waktu.

Ketika dikombinasikan dengan pemikiran sebelumnya dan akal sehat, kedua jenis aplikasi dapat dikombinasikan untuk hasil yang luar biasa. Misalnya, saya mungkin ingin agen layanan pelanggan saya memiliki akses ke database produk pada saat pesanan (misalnya CRM) untuk memastikan akurasi dalam memproses transaksi, tetapi saya tidak perlu menggunakan layar kecil untuk menampilkan seluruh katalog dan opsi terkait, spesifikasi, dan diagram terperinci, dll. tersedia dalam CMS di layar kecil dengan hanya sejumlah real estat berharga yang tersedia bagi agen.

Dengan mengizinkan CMR untuk menyajikan konten yang melacak pembelian, preferensi, semua korespondensi di antara pelanggan dan perusahaan, serta kontrak atau dokumen apa pun yang mengikuti pelanggan, dan memperoleh pengelompokan pelanggan secara alami berdasarkan sejarah mereka dengan perusahaan dan metode komunikasi yang disukai, CMS dapat digunakan sebagai repositori internal untuk mempertahankan kontrol versi dan perubahan standar, prosedur dan layanan dari waktu ke waktu ketika terjadi.

Dalam menggabungkan CRM dan CMS dan membiarkan setiap aplikasi bekerja pada sumber dan arus informasi yang disukai, Anda dapat memaksimalkan pengembalian Anda lebih cepat daripada jika Anda telah menerapkannya tanpa mempertimbangkan yang lain. Manajemen harus membuat panggilan ke mana informasi yang disimpan (CRM atau CMS) akan berfungsi sebagai file induk yang harus dikelola oleh organisasi (dan oleh siapa) dan yang akan menyajikan konten ketika dipanggil untuk penelitian dan informasi lebih lanjut.

Jika saat ini Anda mempertahankan salah satu dari setiap jenis aplikasi sebagai solusi mandiri, Anda harus mencari saran dari konsultan independen yang akrab dengan kedua jenis sistem tersebut untuk menentukan apa yang mungkin dan berapa biayanya. Anda mungkin terkejut dengan pengembalian yang mampu dengan solusi gabungan dalam waktu singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *