6 Langkah untuk Membuat Keputusan Keuangan yang Baik di Masa-Masa Sulit

Saya mendengar statistik mengejutkan beberapa hari yang lalu tentang jumlah rumah yang masuk ke penyitaan setiap hari. Selain itu, orang kehilangan pekerjaan karena banyak bisnis mengalami penurunan pendapatan dan berjuang untuk membuka pintu mereka. Sudah pasti bahwa sebagian besar dari kita merasakan dampak dari ekonomi yang lebih keras ini. Yang belum kita ketahui adalah seberapa dalam dan berapa lama kita akan mengalami masa-masa sulit ekonomi ini.

Stres keuangan dapat melumpuhkan kita untuk tidak mengambil tindakan ketika kita harus atau menyebabkan kita membuat keputusan yang buruk dan impulsif. Ketika kita berada dalam ekonomi yang berkembang, jauh lebih mudah untuk pulih dari keputusan buruk yang mungkin kita buat. Namun, ketika hal-hal yang sulit tidak ada banyak ruang untuk kesalahan dan kesalahan akan memakan waktu lebih lama untuk pulih dari finansial. Selama bertahun-tahun pengalaman saya bekerja dengan klien, saya telah menemukan enam langkah yang akan membantu Anda membuat keputusan keuangan yang lebih baik di masa-masa sulit.

Langkah 1: Ketahui apa yang benar-benar penting

Langkah pertama adalah luangkan waktu untuk mengetahui apa yang paling penting bagi Anda. Ini lebih sulit ketika Anda merasa stres keuangan. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan, "Apa yang membuat hidup saya lebih kaya?" Misalnya, menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda atau pasangan Anda, dan tetap sehat mungkin yang paling penting bagi Anda. Setelah Anda memiliki kejelasan tentang hal yang paling penting, lebih mudah untuk membuat keputusan keuangan yang membuat Anda tetap sejajar dengan nilai-nilai kehidupan Anda.

Langkah 2: Jadilah proaktif tentang pilihan pengeluaran Anda

Langkah kedua untuk membuat keputusan yang baik dalam ekonomi yang sulit adalah bersikap proaktif tentang bagaimana Anda membelanjakan uang Anda. Carilah cara untuk memotong pengeluaran rumah tangga dan sebelum Anda membeli, tanyakan pada diri Anda "Apakah pembelian ini benar-benar diperlukan?" Selain itu, periksa untuk melihat apakah pinjaman atau kartu kredit dapat dibiayai atau dikonsolidasikan untuk menurunkan pembayaran bulanan dan suku bunga Anda.

Jika Anda berwiraswasta dan mengalami bisnis yang melambat, cari cara untuk mengurangi biaya overhead Anda. Banyak pemilik bisnis yang menyewa ruang telah mampu menegosiasikan kembali sewa yang lebih rendah. Anda juga ingin menjelajahi cara-cara kreatif untuk menemukan dan mempertahankan pelanggan baru sambil menjaga kepuasan pelanggan saat ini dengan produk atau layanan Anda.

Langkah 3: Cari masukan dari para profesional

Langkah ketiga untuk membuat keputusan yang baik dalam ekonomi yang ketat adalah dengan meneliti opsi dan konsekuensi dari keputusan keuangan utama. Semakin banyak penelitian yang Anda lakukan, hasil yang lebih baik akan Anda miliki. Carilah masukan dari orang-orang yang memiliki lebih banyak informasi dan pengalaman daripada Anda. Juga, periksa kemungkinan pajak atau konsekuensi hukum dari keputusan Anda. Ini sangat penting jika Anda mempertimbangkan keputusan tentang disposisi properti seperti penjualan pendek, akta sebagai pengganti penyitaan, atau pergi ke penyitaan.

Langkah 4: Periksa Dengan Diri Sendiri

Langkah keempat untuk membuat keputusan yang baik di pasar yang sulit adalah meluangkan waktu untuk memiliki momen yang tenang dengan diri Anda setelah Anda mengumpulkan semua informasi. Bagaimana rasanya keputusan itu? Apakah Anda memiliki keraguan yang mengganggu? Apakah Anda merasa "takut" tentang membuat keputusan? Tanyakan kepada diri sendiri, "Sudahkah saya mengumpulkan cukup informasi untuk merasa nyaman dengan keputusan ini?" Setiap orang yang pernah saya temui yang membuat keputusan keuangan yang mengakibatkan hilangnya uang, waktu dan tenaga mengakui bahwa mereka mengabaikan suara kecil mereka atau perasaan itu di dalam perut mereka.

Langkah 5: Buat keputusan berdasarkan di mana Anda berada sekarang Langkah kelima untuk membuat keputusan yang baik di pasar yang sulit adalah membuat semua keputusan pengeluaran Anda berdasarkan di mana Anda sekarang dan berhati-hati tentang masa depan. Membuat keputusan berdasarkan di mana Anda sekarang berarti tidak menghabiskan uang sampai Anda menerimanya tidak peduli seberapa pasti itu muncul – apakah itu warisan atau "pasti" cek komisi. Hindari menggunakan kartu kredit Anda jika Anda tidak dapat membayarnya setiap bulan. Juga, jangan menghabiskan uang yang tidak perlu karena Anda berharap ekonomi akan segera membaik. Ini bukan waktu untuk pembelian impulsif. Berhati-hati terhadap masa depan berarti bahwa meskipun pekerjaan Anda tampak aman atau bisnis Anda berjalan dengan baik, tetap waspada terhadap fakta bahwa kita berada dalam ekonomi yang lebih keras dan tidak pasti dan membuat keputusan Anda dengan pemikiran ini.

Langkah 6: Perawatan Diri yang Baik akan membuat Anda tetap kreatif

Langkah keenam dan terakhir untuk membuat keputusan yang baik dalam ekonomi yang sulit adalah perawatan diri yang baik yang akan membuat Anda merasa optimis dan bersemangat, meningkatkan menciptakan ide. Perawatan diri bisa menjadi permainan kreatif yang sangat baik. Anda mungkin merasa bahwa karena segala sesuatunya "ketat" Anda tidak punya waktu untuk ini, tetapi ketika kita berada dalam keadaan kreatif, kita dapat melihat hal-hal dengan lebih jelas, kita dapat melihat perspektif lain dan lebih mahir dalam menemukan cara-cara kreatif untuk memecahkan masalah atau tantangan kami.

Sangat mudah untuk meluncur ke bawah lubang kelinci malapetaka dan kesuraman ketika keadaan menjadi sulit secara finansial, dan juga mudah untuk melepaskan kegiatan perawatan diri sehari-hari seperti makan dengan benar dan berolahraga. Lebih penting dari sebelumnya untuk menjaga kesehatan fisik kita dan meluangkan waktu untuk kegiatan santai. Kembangkan latihan harian dari beberapa jenis aktivitas yang menenangkan jiwa. Itu mungkin melukis, memainkan alat musik, bermain golf atau beberapa jenis olahraga lainnya. Jelajahi apa yang dapat Anda lakukan setiap hari yang akan membuat Anda tetap bersemangat secara emosional dan dalam keadaan Anda yang paling kreatif.

Jangan biarkan masa-masa sulit ini mengirim Anda ke dalam spiral kekhawatiran yang tidak produktif dan tidak perlu. Sebaliknya, enam langkah yang telah saya uraikan ini akan membantu Anda tetap kreatif terhadap semua kemungkinan dan akan membantu Anda membuat keputusan keuangan jangka panjang, cerdas, dan proaktif.

Ingat, perlambatan ekonomi ini adalah bagian dari pasang surut kehidupan. Perlu diingat bahwa ini pada akhirnya akan melewati waktu yang sejahtera sekali lagi. Jika Anda adalah salah satu dari jutaan orang yang mengalami tekanan keuangan, ini adalah saat yang tepat untuk menantang diri Anda untuk tetap positif dan menemukan solusi kreatif terhadap tantangan yang muncul. Tetap tenang dalam mengetahui bahwa semuanya pada akhirnya akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *